Kamis, 18 Agustus 2011

MUDIK bukan UDIK

         Lebaran tiba, banyak orang berbondong-bondong mempersiapkan diri untuk sekedar bersilaturahmi dengan keluarga. Karena sudah lama tidak berjumpa dengan keluarga yang kebanyakan berada jauh disana. Rasa kangen inilah yang mendorong kita untuk melakukan "MUDIK". Selain juga untuk bersilaturahmi.

         Tradisi rutin yang sudah mendarah daging dengan Indonesia tercinta ini, sudah tidak bisa dilepaskan lagi dari setiap insan penghuni negri pertiwi ini. Tiap tahunnya jumlah pemudik mengalami peningkatan seiring dengan jumlah pertambahan penduduk yang juga semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini tentunya akan mengakibatkan apa yang namanya "MACET" dimana-mana. Hal ini sudah menjadi makanan sehari-hari bagi warga kota-kota besar seperti Jakarta.

          Untuk mengantisipasi "MACET" akibat arus mudik marilah kita bermudik ria menggunakan alat transportasi umum. Sehingga dapat mengurangi jumlah penggunaan mobil pribadi waktu mudik. Kemacetanpun dapat di tekan dengan seperti itu.

          Selain itu keselamatan saat mudik menjadi hal yang perlu diutamakan. Ditengah-tengah kemacetan, pasti tidak jarang kita terpancing emosi dan juga amarah. Hal itu dapat menyebabkan konsentrasi kita saat mengemudi berkurang. Sehingga dapat membahayakan pengguna jalan yang lain. Sebelum mudik sebaiknya kita juga persiapkan hati kita agar tetap tenang. 

          Tips dan Trik untuk MUDIK yang nyaman : 

1. Persiapkan segala perlengkapan yang akan dibawa termasuk persiapkan hati, tubuh dan pikiran
2. Cek kondisi motor atau mobil dan cek ketersediaan surat-surat mobil atau motor yang akan dikendarai untuk mudik (bagi pengendara sepeda motor jangan lupa gunakan perlengkapan mengemudi yang safety).
3. Berangkat menyesuaikan jadwal mudik.
4. Pastikan pengguna mobil pribadi mudik bersama keluarganya (agar bisa memaksimalkan kapasitas mobil tersebut) 
5. Lebih baik mudik menggunakan alat transportasi umum untuk mengurangi kemacetan yang akan terjadi.
6. Bagi yang menggunakan alat transportasi umum, harus selalu waspada terhadap keselamatan barang-barang yang dibawa dan dirinya sendiri.

         Itu tadi beberapa tips mudik yang mungkin bisa membantu. "Selamat Hari Raya Idul Fitri".
"Mohon maaf lahir dan batin". Selamat "MUDIK". :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar